Selasa, 13 Maret 2012

Anatomi dan Fisiologi Sistem Pernapasan

Anatomi dan Fisiologi Sistem Pernapasan

SISTEM PERNAPASAN
 Pernapasan (respirasi) adalah peristiwa menghirup udara dari luar yang mengandung oksigen serta menghebuskan karbondioksida sebagai sisa dari oksidasi keluar dari tubuh.
Jadi, dalam paru-paru terjadi pertukaran zat antara oksigen yang ditarik dari udara masuk ke dalam darah dan CO2 akan dikeluarkan dari darah secara osmosis. Seterusnya CO2 akan dikeluarkan melalui jalan pernapasan dan masuk ke dalam tubuh melalui kapiler-kapiler vena pulmonalis kemudian masuk ke serambi kiri jantung → ke aorta → seluruh tubuh, disini terjadi oksidasi (pembakaran).
 Sebagai sisa dari pembakaran adalah CO2 dan zat ini dikeluarkan melalui peredaran darah vena masuk ke jantung (serambi kanan) → ke bilik kanan dan dari sini keluar melalui arteri pulmonalis ke jaringan paru-paru. Akhirnya dikeluarkan menembus lapisan epitel dari alveoli. Proses pengeluaran CO2 ini adalah sebagian dari sisa metabolisme, sedangkan sisa dari metabolisme lainnya akan dikeluarkan melalui traktus urogenitalis dan kulit.
 Setelah udara dari luar diproses, didalam hidung masih terjadi perjalanan panjang menuju paru-paru (sampai alveoli). Pada laring terdapat epiglotis yang berguna untuk menutup laring sewaktu menelan, sedangkan waktu bernapas epiglotis terbuka begitu seterusnya. Bulu getar silia digunakan untuk menyaring debu-debu, kotoran dan benda asing sehingga udara yang masuk kedalam alat pernapasan benar-benar bersih. Tetapi kalau kita bernapas melalui mulut, udara yang masuk ke dalam paru-paru tidak dapat disaring, dilembapkan/dihangatkan, ini bisa mengakibatkan gangguan terhadap tubuh.

ORGAN-ORGAN PADA SISTEM PERNAPASAN
A.Rongga Hidung dan Nasal
1. Hidung Eksternal, berbentuk piramid disertai dengan suatu akar dan dasar. Bagian ini tersusun dari kerangka kerja tulang, kartilago hialin, dan jaringan fibroareolar.
  • Septum Nasal membagi hidung menjadi sisi kiri dan sisi kanan rongga nasal. Bagian anterior septum adalah kartilago.
  • Naris(Nostril)Eksternal dibatasi oleh kartilago Nasal.
  1. Kartilago Nasal Lateral terletak dibawah jembatan hidung.
  2. Ala Besar dan Ala kecil kartilago nasal mengelilingi nostril.

    Untuk lebih lengkapnya, klik disini

0 komentar:

Posting Komentar